Minggu, 22 April 2012


Menjelang perayaan HUT Kota Gianyar ke-241, Kabupaten Gianyar kembali meraih prestasi Nasional di bidang pemberdayaan masyarakat melalui program PNPM Mandiri Pedesaan. Kado sepesial menjelang Hut Kota tersebut berupa dua penghargaan SIKOMPAK AWARD yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Gamawan Fauzi kepada Bupati Gianyar sebagai pembina  terbaik Nasional BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) serta BKAD Kecamatan Tegallalang sebagai BKAD terbaik nasional. Pemberian penghargaan dilangsungkan Dalam acara Pembukaan Rakernas Sosialisasi  PNPM Mandiri Perdesaan untuk  Gubernur dan Bupati  se Indonesia 27 Maret 2012 di Hotel Sahid Jakarta.
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, A.A. Dalem Jagadhita ditemani Ketua Koordinator PNPM Kabupaten Gianyar, Mangku Kadek Suardika mengatakan SIKOMPAK AWARD merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada pengelola PNPM yang berprestasi. Dari 390 kabupaten  dan 4500 Kelembagaan Badan Kerjasama  Antar Desa (BKAD) di Indonesia, Gianyar  yang diwakili BKAD Kecamatan Tegalalang berhasil menjadi yang terbaik serta Bupati Gianyar sebagai Pembinan BKAD terbaik Nasional.
Melalui Gerakan Paras Paros ( berbuat bersama berperan setara) BKAD sudah mampu mendorong  Pemerintah Gianyar meregulasi Kebijakan  satu perencanaan dan satu penganggaran  untuk semua, sehingga terjadi keharmonisan aspirasi masyarakat (partisipatif), apirasi SKPD (teknokratis) dan DPRD (politis) dalam merumuskan pembangunan di Gianyar.  Dari segi kebijakan anggaran penyelarasan dilakukan melalui  Pagu Indikatif kecamatan (PIK)  adalah sejumlah patokan batas maksimal anggaran  di wilayah kecamatan yang diberikan kepada SKPD kabupaten, yang penentuan alokasi belanjanya ditentukan oleh mekanisme partisipatif melalui Musrenbang. Regulasi Kebijakan yang dipilih untuk memayungi  penyelarasan perencanaan dan pengannggran dan PIK ini adalah  Peraturan Daerah (PERDA) tentang Prosedur Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan yang diharapkan Maret – April 2012 sudah dibahas dalam  Badan legislasi DPRD. Dengan demikian pembangunan kabupaten Gianyar  kedepan akan menempatkan masyarakat sebagai subyek pembangunan siapa pun pimpinan daerahnya.
BKAD Tegallalang ketika dinilai Tim Nasional BKAD juga dianggap berhasil dalam menjalankan salah satu program PNPM.  Terbukti dari surplus  dana bergulir yang dikelolalan mampu merangsang parisipasi, masyarakat, pemerintah dan swasta dalam  membangun  17  rumah tangga miskin (RTM) yang ada di Kecamatan Tegalalang. Disamping itu BKAD telah mampu mensinergikan perananan Desa Dinas, Desa Pekeraman, Subak dalam membangun  wilayah pawongan dan palemahan melalaui PNPM Mandiri Perdesaan,tutup A.A. Dalem Jagadhita.
Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati usai menerima penghargaan mengatakan penghargaan ini merupakan bentuk keberhasilan masyarakat bersama pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat pedesaan. Pemerintah senantiasa mendorong dan memotivasi segala bentuk program kerakyatan dari masyarakat. Bupati juga mengajak masyarakat untuk bersama pemerintah melaksanakan pembangunan di Kabupaten Gianyar yang berlandaskan Tri Hita Karana. (Humas Gianyar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar