Kamis, 03 Maret 2011

Contoh kerjasama dengan pihak ketiga (1)

Bagi masyarakat kehadiran perusahaan tidak semata-mata terbukanya kesempatan kerja, peluang usaha pendukung, tetapi juga terbukanya kesempatan bagi pengelolaan lingkungan, kesempatan pendidikan, peningkatan kualitas kesehatan dan sarana prasarana dasar. Dalam beberapa model pengembangan masyarakat, wujud kongkrit CSR juga berupa bantuan bagi modal ekonomi masyarakat. Prahalad, dalam bukunya bottom up of pyramid, menjelaskan relasi langsung CSR yang kreatif dengan peningkatan daya beli masyarakat terhadap produk-produk perusahaan. Dalam beberapa laporan tentang krisis hubungan perusahaan dan masyarakat sekitar perusahaan, menimbulkan biaya penanganan yang justru sangat membebani perusahaan. Jadi jelas, CSR adalah dimensi relasional perusahaan dan masyarakat untuk mutualisme jangka panjang (LW).

Berikut contoh dari Luwu Timur Sulsel:
Propinsi
Sulawesi Selatan
Kabupaten
:  Luwu Timur
Kecamatan
:  Malili
Desa
:  Malili
Bentuk Kerjasama
: Pelaksanaan MMDD dalam pembuatan RPJMDes
Pihak Yang Bekerjasama
: PNPM-MP dengan COMDEV  PT.INCO
Nilai Kerjasama
: Tidak dijelaskan
Periode Kerjasama
: Proses Perencanaan PNPM-MP TA.2008
Fasilitator
: Faskab dan Pemda Kab.Luwu Timur/Tim Koor.PNPM-MP
Dibuat oleh
: Faskab
Proses Terjadinya kerjasama
Inisiasi dimulai hasil koordinasi dengan antar pelaku dan akhirnya difasilitasi oleh Faskab dan Tim Koordinasi.  Pembahasan dilakukan 2 kali pertemuan, pertama di fasilitasi oleh ketua Bappeda bersama Kadis PMD, dan yang ke dua dihadiri oleh KM Prov Sul-Sel.  Hasilnya  adalah proses yang difasilitasi Comdev PT INCO mengikuti dan mendukung proses yang dilaksanakan oleh PNPM-MP. 
Kendala/Permasalahan
Saat pelaksanaan dilapangan hasil pembahasan tidak bisa berjalan dengan baik, disebabkan nilai  insentif yang diberikan kepada kader Comdev PT INCO sangat jauh lebih besar dari KPMD-MP, juga terkadang Kader Condev tidak menjalankan tugasnya hanya mengharapkan data dari KPMD MP.
Cara mengatasi kendala
Telah dilakukan pertemuan antara pelaku Comdev PT INCO dengan Fasilitator PNPM MP dan menyepakati bekerjasama dalam pembuatan RPJMDes untuk masing-masing desa yang menjadi binaan Comdev PT INCO
Manfaat dari kerjasama
Pembuatan RPJMDes dapat dibuat lebih cepat dan sumber-sumber data lengkap)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar